Selasa, 24 September 2013

10 Cara Untuk Mencintai Diri Sendiri



1.    Bencilah dosamu, tapi jangan pernah membenci dirimu.
2.    Cepatlah untuk menyesali kesalahan.
3.    Apabila Allah SWT memberimu pencerahan (hidayah), berjalanlah didalam pencerahan (hidayah) Nya itu.
4.    Berhentilah mengatakan hal-hal yang buruk tentang dirimu sendiri. Allah SWT mencintaimu dan tidaklah benar jika kamu membenci sesuatu yang Allah cintai. Sesungguhnya Allah SWT mempunyai rancangan-rancangan yang indah bagimu, jika kamu berbicara secara negatif mengenai masa depanmu sendiri, berarti kamu telah melangkahi dan melawan ketentuanNya.
5.    Janganlah takut untuk mengaku bahwa kamu telah berbuat kesalahan, tapi janganlah selalu berprasangka bahwa kamulah yang salah setiap saat ketika ada hal yang tidak benar terjadi.
6.    Jangan terlalu memikirkan apa yang sudah kamu lakukan, baik yang benar maupun yang salah. Baik masa lalu maupun masa yang akan datang. Itu sama dengan memikirkan diri sendiri secara terus menerus! Pusatkanlah pikiranmu dan serahkan segalanya kepadaNya!
7.    Jagalah dirimu sendiri, rawatlah fisikmu. Manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya apa yang  telah Allah SWT berikan padamu, itu adalah amanah. Tugasmu menjaga dan merawatnya, tapi janganlah membuang waktumu dan hanya terobsesi dengan penampilanmu saja.
8.    Janganlah berhenti untuk belajar. Dan jangan sampai pula ilmu itu membuat kamu sombong. Allah SWT memandangmu bukan karena apa yang ada di dalam kepalamu, baik kecerdasan maupun kepintaranmu. Melainkan apa yang ada di dalam hatimu.
9.    Sadarilah bahwa setiap talenta, potensi dan kemampuanmu adalah anugerah dariNya, dan itu semua bukanlah sesuatu yang kamu ciptakan sendiri; jangan pernah merendahkan orang lain yang tidak sanggup melakukan apa yang kamu dapat lakukan.
10.    Janganlah kamu meremehkan dan merendahkan kelemahan-kelemahan serta kekurangan dirimu sendiri. Hal tersebut akan mempengaruhi pikirannmu untuk berpikir negatif. Berpikirlah positif, bangun dan bentuklah. Karena, merekalah jualah yang memiliki peran membuat dan menjadikanmu tetap bergantung pada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar